Berita Dunia Islam Terdepan

AS kerahkan drone bawah laut ke Selat Hormuz

1

TELUK PERSIA (Arrahmah.com) – Amerika Serikat (AS) telah mengerahkan armada robot kapal selam ke Selat Hormuz dengan dalih untuk “mencegah Iran memblokade Selat Hormuz pada saat terjadi krisis”, lapor Aljazeera.

Drone SeaFox ini telah dikerahkan di Armada Kelima Area of Responsibility (AOR), yang mencakup Teluk Persia dan Laut Arab. Drone bawah laut ini, yang panjangya sekitar empat kaki (1,2 meter) dan dilengkapi dengan kamera dan sonar, dipandu oleh sebuah kabel dari kapal. Mainan baru Pentagon ini dapat menjangkau sekitar 3.200 kaki (1.000 meter) dan membawa bahan peledak yang dapat menghancurkan ranjau, yang ditanam Iran di Selat Hormuz.

Perangkat SeaFox ini akan dikerahkan dari MCMs atau Kapal penanggulangan ranjau di Teluk Persia.

Militer AS telah memperkuat keberadaan SeaFox di kawasan ini. Mereka mengirim kapal penyapu ranjau pada awal Juni tahun ini, menyusul empat kapal penyapu ranjau lainnya yang telah ada di kawasan ini, menurut Armada Kelima AOR.

Angkatan Laut AS juga telah memiliki helikopter tempur MH-53 dan USS Ponce yang ditempatkan di Bahrain, rumah bagi markas Armada Kelima tersebut. Dan pada akhir April, sebuah skuadron pesawat tempur siluman F-22 telah dikirim ke Pangkalan Udara Al-Dhaafra di Uni Emirat Arab, untuk memperkuat militer AS di Teluk Persia. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...