Berita Dunia Islam Terdepan

OKI kirim delegasi ke Myanmar selidiki kekerasan terhadap kaum Muslim Rohingya

3

JENEWA (Arrahmah.com) – Organisasi Konferensi Islam (OKI) tengah mengirimkan delegasinya ke Myanmar sebagai tanggapan atas kekhawatiran mereka pada kekerasan terhadap minoritas Muslim Myanmar.

Hal ini disimpulkan setelah pertemuan dengan perwakilan tetap Myanmar untuk Dewan HAM PBB (UNHRC) di Jenewa, mengutip pernyataan sumber informasi dari organisasi yang beranggotakan 57 negara tersebut.

Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, telah meminta kantor OKI di Jenewa, New York dan Brussels untuk mengekspresikan keprihatinan mengenai tindakan kekerasan terhadap minoritas Muslim melalui pembunuhan sistematis dan operasi pengusiran dengan tidak adanya mediasi internasional.

“OKI masih memobilisasi sumber daya dan energi untuk membela minoritas Muslim Rohingya di Myanmar. Kami juga bekerja pada tingkat internasional dan regional untuk membuat suara mereka didengar,” kata pernyataan itu.

Organisasi yang bermarkas di Jeddah ini juga berusaha melakukan upaya internasional, melalui Dewan HAM PBB (UNHRC), PBB, Uni Eropa, dan organisasi internasional lain, memobilisasi upaya internasional mungkin untuk menghentikan pertumpahan darah terus berlangsung. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...