Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan Somalia klaim tangkap 500 mujahid

1

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Pasukan Somalia mengklaim pada Sabtu (7/7/2012) bahwa mereka telah menahan 500 orang yang diduga tergabung dalam aktivitas kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda.

Penangkapan tersebut dilakukan dalam dua hari operasi di sejumlah area di Mogadishu.

“Tindakan keras terhadap sisa-sisa kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda dilakukan di beberapa distrik kemarin (Jumat) dan hari ini,” kata Ahmed Kalif Ereg, salah satu komandan Somalia yang mengambil bagian dalam operasi itu, pada wartawan.

“Kami telah menangkap sekitar delapan ribu tersangka dan setelah investigasi, 507 dari mereka sejauh ini telah dikonfirmasi menjadi pejuang Al Shabaab atau memiliki hubungan dengan Al Shabaab,” kata Ereg.

Operasi dilakukan oleh pasukan Somalia dan sekutu mereka dari Uni Afrika, yang berpusat di Mogadishu dan kota terdekat Afgoye.

Para pejabat mengatakan hampir 3.000 personil keamanan mengambil bagian dalam operasi itu.

Saksi menuduh pasukan Somalia melakukan penangkapan sembarangan.

“Mereka menyerbu rumah-rumah, tempat-tempat bisnis, dan bahkan orang-orang yang sedang berjalan kaki. Saya dapat mengatakan semua orang ditangkap hari ini di distrik Huriwa,” Mohamed Adan Ali, seorang saksi, mengatakan.

“Mereka menangkapi orang-orang tanpa pandang bulu. Sepupu saya, yang tiba baru-baru ini dari Afrika Selatan ada di antara mereka yang ditahan hari ini,” Ibrahim Omar, mengatakan saksi lain. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...