Berita Dunia Islam Terdepan

Gereja di AS boikot perusahaan Zionis

4

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Kelompok gereja Presbyterian terbesar di Amerika Serikat merenungkan divestasi dari tiga perusahaan yang produknya digunakan Israel untuk memfasilitasi pendudukan di Tepi Barat.

Gereja Presbiterian (AS) mengatakan tiga perusahaan – Caterpillar Inc, Hewlett-Packard Co, dan Motorola – menyediakan layanan bagi pendudukan Israel di Tepi Barat, Associated Press melaporkan, Kamis (5/7/2012).

Israel menduduki wilayah Palestina Timur Al-Quds (Yerusalem) dan Tepi Barat pada tahun 1967 dan kemudian menganeksasi kedua wilayah. Masyarakat internasional telah menolak untuk mengakui langkah tersebut.

Langkah potensial kalangan Presbiterian ini membuat marah kelompok-kelompok Yahudi, mendorong mereka untuk mengirim perwakilan ke gereja nasional di Pittsburg untuk melakukan proses lobi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Presbiterian yang telah mencoba membujuk denominasi untuk melepaskan diri dari kepemilikan dalam perusahaan, tetapi telah melihat usaha mereka digagalkan oleh kelompok Yahudi AS.

Rev Walt Davis dari kelompok pro-Palestina Presbyterian berpendapat bahwa “kalau bukan karena lobi Israel, denominasi akan ditarik investasi tahun lalu dari perusahaan dalam pedoman sendiri gereja investasi tanggung jawab sosial.

“Ini kita bersikap jujur ​​pada nilai-nilai kita,” katanya.

“Kampanye seperti ini karena meningkatkan kekhawatiran yang sangat nyata dan dapat dimengerti tentang global anti-Semitisme dan persepsi bahwa kampanye tidak hanya tentang kebijakan Israel, tetapi lebih mencerminkan kebencian mendalam dan penolakan terhadap Israel,”kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Investasi perusahaan AS, MSCI Inc, telah menghapus Caterpillar dari tiga indeks populer, atas keprihatinan tentang penggunaan militer Israel buldoser berlapis baja Cateroillar di Palestina. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...