Berita Dunia Islam Terdepan

Perusahaan pertahanan Inggris semakin dekat jual 12 jet tempur kepada Kesultanan Oman

7

OMAN (Arrahmah.com) – Sebuah perusahaan pertahanan Inggris, BAE System sebentar lagi mencapai kesepakatan penjualan 12 jet tempur type Eurofighter Typhoon kepada Kesultanan Oman. Demikian sebuah sumber tertutup kepada Reuters, Selasa (3/7/2012).

Para analis ekonomi menyebutkan nilai kesepakatan itu mencapai US $ 2 miliar. Kesepakatan itu termasuk angka penjualan tertinggi untuk perusahaan pertahanan di Eropa dan Amerika yang tengah mengalami kemerosotan. Angka itu diharapkan mampu mengganti kerugian perusahaan Inggris tersebut pada masa-masa sebelumnya.

Salah seorang sumber yang dekat dengan BAE System mengungkapkan kepada Reuters pada Selasa (3/7/2012), “BAE System dan Oman semakin dekat kepada kesepakatan penjualan 12 jet tempur Eurofighter.”

Sumber lain yang dekat dengan BAE System juga mengungkapkan bahwa perusahaan pertahanan Inggris itu juga tengah terlibat pembicaraan serius dengan pemerintah Uni Emirat Arab. Negara kaya minyak itu berniat membeli 60 jet tempur Eurofighter Typhoon jika gagal mencapai kesepakatan dengan perusahaan pertahanan Prancis, Dassault.

Akhir tahun 2011 lalu, Uni Emirat Arab hampir saja mencapai kesepakatan pembelian 60 jet tempur dari Dassault. Namun pemerintah Uni Emirat Arab kemudian membatalkan kesepakatan senilai US $ 10 miliar tersebut karena tidak bisa menerima syarat-syarat yang diajukan oleh Prancis.

Sumber yang dekat dengan kedua belah pihak menyebutkan bahwa BAE System dan pemerintah UEA sebentar lagi akan mencapai kesepakatan. Negara-negara Arab yang kaya minyak terkenal doyan membeli persenjataan militer terbaru dan tercanggih. Banyak analis menyebutkan pembelian tersebut sekedar memenuhi perintah tuan besar negara-negara Barat untuk menyelamatkan industri militer Barat yang sekarat.

Persenjataan canggih tersebut terbukti tidak pernah dimanfaatkan untuk membela kaum muslimin yang tertindas di Palestina, Suriah atau Irak. Apalagi 22 negara anggota Liga Arab sejak KTT Liga Arab 2002 dan 2007 telah sepakat menjalin perdamaian dengan penjajah zionis Yahudi.

(muhib almajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...