Berita Dunia Islam Terdepan

Komandan salibis ISAF di Afghanistan adakan pembicaraan militer dengan Pakistan

3

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Jenderal John R. Allen, komandan salibis NATO tiba di Islamabad pada tanggal 27 Juni dan bertemu dengan Jenderal Ashfaq Parvez Kayani, Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan untuk melakukan pembicaraan militer.

Menurut pernyataan bersama Pakistan dan ISAF yang dikeluarkan oleh Layanan Hubungan Antar Masyarakat (ISPR) di Islamabad, Jumat (29/6/2012), selama kunjungan ini para komandan secara khusus membahas kemajuan bersama yang dilakukan untuk menghilangkan terorisme, ekstremisme, dan memastikan bahwa Pakistan dan wilayah Afghanistan tidak lagi digunakan sebagai tempat yang aman bagi serangan lintas batas.

Para komandan juga membahas realitas operasional yang mereka lakukan saat ini.

Pertemuan tersebut merupakan salah satu upaya dari Barat untuk untuk memfokuskan kembali perhatian Pakistan pada usaha berkelanjutan untuk menghilangkan efek korosif dari ‘ekstrimis’ yang diklaim Allen beroperasi di kedua sisi perbatasan.

Tujuan dari perjalanan ini adalah untuk membangun momentum positif Komisi Tripartit Afghanistan-Pakistan-ISAF yang dibangun bulan lalu.

Selama pertemuan Tripartit bulan Mei lalu, diskusi serupa dilakukan oleh sejumlah komandan dan staf kunci untuk membahas isu-isu taktis, operasional dan strategis termasuk kerja sama lintas batas. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...