Berita Dunia Islam Terdepan

Kayani desak panglima salibis NATO perketat serangan di perbatasan

5

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Militer Pakistan telah menminta komandan salibis ISAF, Jenderal John Allen, mengenai serangan lintas batas oleh ‘militan’ yang berbasis di Afghanistan, DawnNews melaporkan pada Rabu (27/6/2012).

Allen, komandan puncak pasukan salibis Amerika dan NATO di Afghanistan, sedang mengunjungi Pakistan di tengah ketegangan yang meningkat antara kedua negara.

AS menuduh Pakistan tidak bertindak tegas terhadap jaringan mujahidin yang diduga berada di tanah Pakistan. Kedua negara juga telah berselisih atas masih ditutupnya jalur pasokan salibis NATO.

Pakistan, di sisi lain, menyalahkan pasukan salibis NATO dan Afghanistan karena dinilai gagal untuk bertindak melawan persembunyian mujahidin di Afghanistan, dan mengulangi pelanggaran perbatasan.

Kunjungan Komandan ISAF ini mengikuti serangan lintas batas yang disinyalir dilakukan oleh Taliban pada hari Minggu lalu, yang mengakibatkan kematian 13 tentara Pakistan.

Sumber mengatakan bahwa Jenderal Kayani telah mengangkat isu pelanggaran perbatasan dan lintas perbatasan serangan dalam pertemuannya dengan Jenderal AS di Rawalpindi. Sumber pun menambahkan bahwa insiden tersebut tidak akan ditoleransi di masa depan.

Sumber menambahkan bahwa jenderal AS telah meyakinkan Jenderal Kayani bahwa ia akan mengangkat masalah ini dalam pembicaraan dengan Tentara Nasional Afghanistan.

Militer Pakistan mengatakan pada hari Senin bahwa kunjungan Marinir AS, Jenderal John Allen, adalah untuk fokus meninjau “kemajuan dalam pelaksanaan tindakan koordinasi perbatasan dan prosedur operasi bersama yang baru-baru ini dikembangkan.

Hubungan antara Pakistan dan AS telah jatuh sejak penutupan Pakistan jalur pasokan ke Afghanistan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...