Berita Dunia Islam Terdepan

Turki sebarkan tanknya dekat perbatasan Suriah

2

ANKARA (Arrahmah.com) – Menurut laporan, Turki telah menyebarkan sejumlah tank dan kendaraan lapis baja di perbatasan Suriah di tengah semakin meningkatnya ketegangan antara Ankara dengan Damaskus terkait dengan jatuhnya pesawat militer Turki oleh militer Suriah beberapa waktu yang lalu.

Penyebaran 15 tank lapis baja tersebut dilakukan pada hari Selasa (25/6/2012) beberapa jam setelah Perdana Menteri Recep Tayep Erdogan bersumpah untuk membalas dendam pada Damaskus atas jet Turki yang ditembak Suriah, seperti dilansir oleh harian Turki, Hurriyetdaily.

Erdogan menyatakan bahwa Turki mengubah aturan mainnya pada Suriah dan mencap mantan sekutunya itu sebagai ancaman yang jelas dan nyata.

Menurut Erdogan, pesawat jet Turki memang sempat memasuki wilayah udara Suriah, tapi hanya untuk beberapa waktu dan tidak dalam kesengajaan. Sementara Suriah menembaknya hingga jatuh tanpa didahului oleh satupun peringatan.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Suriah, Jihad Makdissi, pada Senin (25/6) memperingatkan NATO agar melawan setiap konspirasi terhadap Suriah, terutama terkait dengan insiden jatuhnya pesawat Turki tersebut. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...