Berita Dunia Islam Terdepan

15 Muslim Sunni di Ahwaz ditangkap saat sedang protes eksekusi tahanan Muslim

3

AHWAZ (Arrahmah.com) – 15 Muslim Sunni di Ahwaz ditangkap pada Kamis lalu ketika sedang melakukan protes terhadap empat tahanan politik pada pekan lalu.

Laporan para aktivis HAM di Iran melaporkan pelaksanaan eksekusi dari empat tahanan Muslim di Ahwaz, membuat protes meletus, pada saat itu 15 demonstran Muslim ditangkap, lapor Radio Zamaneh, Senin (25/6/2012).

Tiga Muslim bersaudara bersama seorang bernama Ali Sharif Naami dikirim ke tempat yang tidak diketahui pada (9/6). Mereka telah ditangkap sejak April 2011 selama protes di lingkungan Mollashieh, Ahwaz, Iran.

Laporan dari teman satu sel mereka mengindikasi bahwa mereka telah menjadi target penyiksaan di penjara. Mereka dituduh membunuh seorang petugas keamanan, tetapi keluarga mereka menuntut bahwa tuduhan itu adalah palsu dan setiap pengakuan dari mereka adalah hasil paksaaan.

Dalam tahun-tahun terakhir, provinsi Khuzestan telah diwarnai oleh protes massa, yang memicu tindakan keras dari pasukan keamanan pemerintah.

Para demonstran mengatakan bahwa pemerintahan mengancam komunitas minoritas Sunni Arab dengan menyebarkan diskriminasi. Mereka sering mengeluhkan terpinggirkan di negara yang kaya minyak itu, dan diskriminasi akan akses pendidikan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan hak-hak budaya lainnya. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...