Berita Dunia Islam Terdepan

Puluhan ribu warga Gaza merayakan kemenangan Mursi

2

GAZA (Arrahmah.com) – Puluhan ribu warga Gaza turut merayakan kemenangan kandidat Ikhwanul Muslimin Muhammad Mursi menjadi presiden terpilih Mesir, dengan harapan Mursi akan menolong Gaza.

Puluhan ribu warga Palestina yang gembira turun ke jalan-jalan setelah Mesir mengumumkan Muhammad Mursi menang pilpres Mesir pekan lalu, pertama kalinya seorang ‘Islamis’ memenangkan jabatan tertinggi di negara itu.

Perayaan tersebut diwarnai oleh tembakan-tembakan peluru dari senjata otomatis ke udara. Sejumlah orang yang turut merayakan juga membagikan permen di sudut-sudut jalan, yang lainnya mengibarkan bendera Mesir.

Namun, menurut laporan seorang petugas medis Gaza, salah seorang warga terbunuh dan enam lainnya luka-luka dalam perayaan dengan tembakan senjata api itu, seperti dilansir AFP.

Dahulu, diktator terguling Husni Laa Mubarak berkolaborasi dengan Israel dalam memblokade Gaza. Sekarang, rakyat Gaza amat berharap pada Mursi dan mereka mengatakan bahwa mereka optimis bahwa pemimpin Mesir baru itu akan memperbaiki kondisi wilayah Palestina.

“Hari ini adalah era baru bagi kami di Gaza. Hari-hari menderita karena otoritas Mesir (Husni Laa Mubarak -red) selesai,” kata Rawhi Talab (51), seorang warga Gaza pemilik toko makanan. “Ini adalah hari yang menggembirakan, saya menyuarakan harapan saya bahwa Mesir akan bekerja memperbaiki kehidupan kami di sini,” tambahnya.

PM Hamas Islamil Haniyeh memberikan selamat kepada Mursi melalui telepon atas kemenangan Mursi menjadi presiden. “Ini adalah sebuah kemenangan bagi seluruh dunia Arab dan Muslim, dan ini adalah janji Allah kepada orang-orang beriman,” katanya.

Demikian juga juru bicara Fawzi Barhoum dan para pemimpin Hamas lannya yang turut bergembira akan kemenangan Mursi yang mengikuti perkembangannya melalui TV. “Ini adalah sebuah kemenangan bagi Mesir dan revolusi kaum Arab,” kata Barhoum.

Sorang penduduk Gaza, Alam Mansour (25) yang sedang membagi-bagikan permen kepada warga yang turun ke jalan mengatakan, “hari ini  adalah festival untuk Gaza.” “Saya yakin bahwa presiden Mesir  akan memimpin bangsa Islam ini menuju kemakmuran, dan dia akan membantu kami di sini di Gaza.

Gaza memiliki perbatasan 15 kilometer (9 mil) dengan gurun Sinai Mesir dan satu-satunya perbatasan resmi sebagai penyeberangan kedua wilayah itu.

Warga Palestina kini tengah menanti janji-janji Mursi, dengan harapan pemimpin baru ini akan menerapkan Syari’at Islam dan menolong saudara Muslim di wilayah tentangganya, Palestina. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...