Berita Dunia Islam Terdepan

Muhammadiyah beri beasiswa kepada 71 Mahasisiwa Pattani

2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Muhammadiyah memberi beasiswa kepada 71 mahasiswa baru asal Thailand Selatan untuk berkuliah di 13 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia, 15 mahasiswa di antaranya akan berkuliah di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

“Ini merupakan tindak lanjut konkret dari kesepakatan yang dilakukan Muhammadiyah untuk mendamaikan konflik di Thailand Selatan bersama pemerintah RI,” kata Rektor Uhamka Prof Dr Suyatno di sela Seminar Komunikasi Internasional di Jakarta, Selasa (26/6) seperti dikutip dari Antaranews.

Pada tahun ini total pelamar dari Patani dan Yala, Thailand ada 119 orang dan yang lolos seleksi 71 orang. Mereka para calon mahasiswa Thailand itu telah diseleksi pada 22 Juni 2012 oleh tim Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah.

Mereka yang lolos akan ditempatkan di 13 PT Muhammadiyah yakni Uhamka, UMM, UMS, UMY, UAD, UMSU, Unmuh Makassar, UM Palembang, UM Purwokerto, UM Surabaya, UM Jember dan UMJ.

Program Beasiswa ini sudah dimulai sejak 2009 dimana Uhamka menampung lima mahasiswa, dilanjutkan 2010 menampung lima orang dan 2011 sebanyak enam orang.

Namun berhubung minat pemuda Thailand bersekolah di Indonesia juga meningkat, tahun ini Uhamka menambah anggarannya untuk menampung mahasiswa Thailand ini, dimana setiap beasiswa dianggarkan mencapai lebih dari Rp20 juta hingga selesai, tergantung dari program studinya.

“Ini adalah misi kemanusiaan karena Thailand Selatan merupakan kawasan muslim dan masih terbelakang dibanding masyarakat Thailand umumnya, selain itu ini juga misi kebangsaan dalam rangka meningkatkan hubungan baik RI-Thailand,” katanya.

Program studi yang ditawarkan yakni, Farmasi, psikologi, pendidikan Islam, perbankan Syariah, informatika, bahasa Indonesia, Inggris dan ekonomi.

Sebelum berkuliah para mahasiswa lebih dulu menjalani program predeparture, bahasa, budaya Indonesia dan sains untuk mengantisipasi kegagalan program di tengah jalan bekerja sama dengan Islamic University of Yala dan Prince of Songkla University. (bilal/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...