Berita Dunia Islam Terdepan

Gedung Putih mengucapkan selamat pada Mursi atas kemenangan dalam Pemilihan Presiden Mesir

1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney, mengeluarkan pernyataan berikut dalam menanggapi pemilihan Ikhwanul Mohamed Mursi sebagai pertama Mesir pasca-Mubarak presiden, Minggu (24/6/2012).

“Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada Mohamed Mursi atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Mesir, dan kami mengucapkan selamat kepada rakyat Mesir atas tonggak transisi menuju demokrasi ini.”

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Mursi dan pemerintah yang ia bentuk, atas dasar saling menghormati, untuk memajukan kepentingan bersama antara Mesir dan Amerika Serikat. Kami percaya bahwa penting bagi Presiden terpilih Morsi untuk mengambil langkah-langkah bersejarah untuk memajukan persatuan nasional dengan menjangkau semua pihak dan konstituen terkait dengan pembentukan pemerintahan baru. Kami percaya pada pentingnya pemerintah Mesir baru untuk menegakkan nilai-nilai universal, dan menghormati hak-hak semua warga negara Mesir – termasuk perempuan dan kelompok minoritas keagamaan seperti Kristen Koptik Mesir. Jutaan rakyat telah memilih dalam pemilu, dan Presiden terpilih Morsi dan pemerintah Mesir baru memiliki legitimasi dan tanggung jawab dalam mewakili warga negara yang beragam dan berani ini.”

“Amerika Serikat bermaksud untuk bekerja dengan semua pihak di Mesir untuk mempertahankan kemitraan yang sudah lama kami jalani. Kami memuji Komisi Pemilihan Presiden dan Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF) atas peran mereka dalam mendukung pemilu yang bebas dan adil, dan berharap untuk menyelesaikan transisi ke pemerintahan terpilih secara demokratis. Kami percaya bahwa sangat penting bagi pemerintah Mesir untuk terus memenuhi peran Mesir sebagai pilar keamanan, perdamaian dan stabilitas regional. Dan kami akan berdiri bersama-sama dengan rakyat Mesir karena mereka mengejar aspirasi mereka untuk demokrasi, martabat, dan kesempatan, dan memenuhi janji revolusi mereka.” (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...