Berita Dunia Islam Terdepan

Sumber air di Gaza terkontaminasi pupuk dan kotoran manusia

3

GAZA (Arrahmah.com) – Satu-satunya sumber air di Gaza sekarang sangat berbahya untuk diminum karena terkontaminasi oleh pupuk dan kotoran manusia, berdasarkan laporan terbaru dari Bantuan Medis Palestina (MAP) dan Save the Children.

Pada peringatan blokade Gaza ke-5, anak-anak Gaza mengungkapkan keluarga yang tak berdaya dipaksa untuk membeli air dari sumber-sumber swasta, tidak mengetahui bahwa kebanyakan air telah terkontaminasi.

Sejak blokade dimulai, sejumlah anak dibawah usia tiga tahun yang dirawat karena diare meningkat dua kali lipat. Tingginya kadar nitrat -dapat ditemukan dalam pupuk dan feses- juga terkait dengan beberapa resiko kanker dan resiko besar bagi ibu hamil.

Disebabkan juga oleh sistem pembuangan limbah Gaza yang benar-benar rusak, kebanyakan telah hancur akibat serangan-serangan zionis ke Gaza dan instalasi pengolahan kelebihan beban atau kekurangan bahan bakar. Selain itu lubang selokan yang terbuka sangat berbahaya bagi anak-anak, dalam dua bulan pertama di tahun ini, setidaknya tiga anak tenggelam ke dalam selokan.

Blokade Israel atas Gaza telah menyebabkan penderitaan luar biasa bagi rakyat Palestina di Gaza dalam berbagai aspek kehidupan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...