Berita Dunia Islam Terdepan

Pangeran Nayef, tokoh penting Arab dalam war on terrorism, meninggal dunia

6

RIYADH (Arrahmah.com) – Pangeran Nayef bin Abdul Aziz, saudara tiri Raja Abdullah yang menjabat sebagai menteri dalam negeri seumur hidupnya, meninggal dunia pada Sabtu (16/6/2012), televisi resmi negara tersebut melaporkan.

Pangeran Nayef (79), yang baru saja meninggalkan Arab Saudi untuk perawatan medis, tutup usia di luar kerajaan, kata statsiun televisi Al-Ekhbariyah, mengutip pernyataan dari kerajaan.

Pemakamannya akan diselenggarakan pada hari Minggu setelah subuh di kota Mekkah, setelah tubuhnya dipulangkan.

Nayef merupakan sosok yang cukup kuat dan berperan besar dalam melaksanakan agenda Barat war on terrorism, terutama setelah maraknya serangan di Arab Saudi antara 2003 dan 2006. Ia menjadi pewaris tahta pada Oktober tahun lalu menyusul kematian putra mahkota Sultan.

Belum ada keterangan sejauh ini mengenai pengganti Nayef, tapi saudaranya, Pangeran Salman, yang mengambil alih portofolio menteri pertahanan setelah kematian Sultan, disinyalir potensial menjadi kandidat.

Pangeran Nayef telah berada di luar negeri tahun ini untuk alasan medis, termasuk ke Aljazair, Amerika Serikat, dan Swiss.

Belum jelas mengenai penyakit yang dideritanya.

Kurang dari dua minggu lalu, saudaranya Pangeran Ahmad bin Abdulaziz, seperti dikutip dalam harian Saudi, mengatakan bahwa putra mahkota dalam keadaan sehat dan ia akan segera kembali ke kerajaan. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...