Berita Dunia Islam Terdepan

Lembaga donor internasional desak Israel untuk menghentikan blokade atas Jalur Gaza

7

JALUR GAZA (Arrahmah.com) – Lima puluh lembaga donor internasional dan beberapa badan PBB mengeluarkan seruan bersama pada Kamis (14/6/2012) menyerukan Israel untuk mencabut blokade atas Jalur Gaza, lansir Reuters.

“Selama lebih dari lima tahun di Gaza, lebih dari 1,6 juta orang telah berada di bawah blokade yang jelas-jelas melanggar hukum internasional. Lebih dari setengah dari orang-orang ini adalah anak-anak. Kami mengatakan ini dengan satu suara: ‘Akhiri blokade sekarang juga!’,” sebegaimana dikutip dari isi pernyataan.

Di antara lembaga-lembaga yang menandatangani seruan tersebut terdapat, Amnesty International, Save the Children, World Health Organization, Oxfam, Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia dan lima badan PBB lainnya.

Israel memberlakukan pembatasan perdagangan ke Gaza pada tahun 2001 menyusul pecahnya pemberontakan Palestina dan memperketat mereka lebih lanjut pada tahun 2007 setelah Hamas merebut kekuasaan di Jalur Gaza yang berbatasan dengan Mesir.

“Semua barang masuk ke Gaza harus diperiksa karena Gaza dikuasai Hamas, sebuah organisasi teroris internasional,” dalih Mark Regev, juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, atas kejahatan yang dilakukannya di Palestina. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...