Berita Dunia Islam Terdepan

Prancis mengusulkan Ketentuan PBB Bab 7 untuk tangani Suriah

4

PARIS (Arrahmah.com) – Perancis akan mengusulkan kelanjutan rencana perdamaian utusan PBB untuk Suriah, Kofi Annan, dengan dengan menerapkan Ketentuan PBB Bab 7, Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius, mengatakan pada hari Rabu (13/6/2012), sembari menggambarkan konflik di sana sebagai “perang saudara”.

Fabius mengatakan dia berharap Rusia akan setuju untuk menggunakan Bab 7, bab yang akan dapat mengesahkan penggunaan kekuatan militer, dan ia mengatakan bahwa zona larangan terbang adalah pilihan lain dalam pembahasan ini.

“Kami mengusulkan wajibnya pelaksanaan rencana Annan,” katanya dalam konferensi pers.

“Kami perlu untuk meloloskan usulan ini dengan cepat di Dewan Keamanan dan menempatkan rencana Annan di bawah Bab 7.”

Perancis akan mengusulkan pengetatan sanksi terhadap Suriah pada pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa berikutnya, katanya.

Dia mengatakan masyarakat internasional akan menyiapkan daftar kedua pejabat militer yang akan dikejar oleh pengadilan internasional, bersama Presiden Bashar Al Assad dan orang-orang terdekat.

“Mereka harus memahami bahwa di masa depan hanya ada perlawanan atas penindasan. Waktu untuk mengambil keputusan telah tiba,” kata Fabius. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...