Berita Dunia Islam Terdepan

Militer Suriah masuki kota dekat perbatasan Irak

1

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Ratusan tentara Suriah, yang didukung oleh sejumlah tank, memasuki kota timur Deir Al Zor pada Rabu (13/6/2012), aktivis oposisi mengatakan. Ia menyebutnya sebagai serangan massif untuk membasmi pemberontak di ibukota provinsi penghasil minyak di perbatasan Suriah dengan Irak.

Sumber dari kubu pemberontak mengatakan bahwa pekan lalu pejuangnya beroperasi di bawah Angkatan Darat Bebaskan Suriah menyerang tank-tank di sepanjang jalan dari Deir Al Zor ke perbatasan Irak, menewaskan atau melukai puluhan tentara, serta menghancurkan tank dan beberapa pengangkut personel lapis baja.

Sebagian besar wilayah provinsi itu telah jatuh ke tangan pemberontak dalam beberapa bulan terakhir.

Oposisi mengatakan laporan awal menunjukkan tembakan tank tentara menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai puluhan di lingkungan Ommal, Jubaileh, dan Arfi di kota yang terletak di sungai Efrat tersebut.

Mereka menambahkan bahwa rumah sakit Al Nour di pusat kota Deir Al Zor penuh dengan korban yang terluka.

“Militer sedang mencoba untuk menarik pemberontak dari desa-desa dan kota-kota dekat Deir Al Zor ke dalam kota,” kata Tayyeb Abul Kheir, salah satu aktivis, melalui telepon satelit.

“Sebuah kantor pemerintah menjadi sasaran, untuk memberikan indikasi seberapa acak pemboman tersebut mereka (tentara rezim) lakukan,” kata aktivis lain. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...