Berita Dunia Islam Terdepan

Karzai meyakinkan Ahmadinejad, kerjasama dengan AS tidak akan mengancam Iran

0

KABUL (Arrahmah.com) – Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah meyakinkan mitranya Mahmud Ahmadinejad bahwa kesepakatan kerjasama Afghan-AS tidak akan  mengancam Iran.

Dalam sebuah pertemuan di sela-sela pertemuan puncak Organisasi Kerjasam Shanghai (SCO) di Beijing, Karzai meyakinkan pemimpin Iran itu bahwa Afghanistan tidak akan menyerang negara manapun, termasuk Iran, seperti dilansir Pajhwok Afghan News.

“Saya harap bahwa kesalahpamahaman Iran dan perhatian atas isu ini akan segera terhapus,” kata Karzai dalam sebuah pernyataan di Istana Kepresidenan di Kabul pada hari Jum’at (8/6/2012).

Afghanistan telah menjalin kesepakatan kerjasama dengan beberapa negara. Karzai dan Ahmadinejad sepakat untuk memperbaiki hubungan bilateral antara kedua pemerintahan mereka, juga mendiskusikan masalah-masalah para pengungsi Afghan di Iran. Ahmadinejad ‘berjanji akan menyelesaikan masalah pengungsi’, meminta Kabul mengeluarkan paspor untuk mereka.

Sementara kabar dari Iran, para imigran Afghanistan dilarang berada di 12 provinsi di Iran. Beberapa aktivis Iran mengungkapkan kemarahan pada bulan April ketika otoritas lokal di Isfahan melarang para imigran Arab dari memasuki sebuah taman, berdasarkan laporan Radio Zamaneh. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...