Berita Dunia Islam Terdepan

Hubungan dengan Pakistan mulai rapuh, AS merayu India untuk lebih aktif dalam perang di Afghanistan

1

NEW DELHI (Arrahmah.com) – Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat (AS) Leon Panetta merayu (baca: mendesak) para pemimpin India untuk memainkan ‘peran yang lebih aktif’ dalam perang Afghanistan.

Seorang pejabat berbicara dalam kondisi anonimitas bahwa Panetta membahas langkah-langkah India yang dapat meningkatkan keberadaan militernya di Afghanistan, juga sebagai sebuah strategi baru AS untuk Asia dan perluasan hubungan militernya, ketika Panetta bertemu dengan Perdana Menteri India Manhoman Singh dan Penasehat Keamanan Nasional Shiv Shankar Menon pada hari Selasa (5/6/2012).

“Lebih dari 10 tahun, untuk berbagai alasan, India tidak memainkan sebuah peran aktif secara khusus di Afghanistan,” kata pejabat itu, dilansir Presstv.

“Kami menyambut India memainkan sebuah peran yang lebih aktif di Afghanistan, sebuah politik dan peran ekonomi yang lebih aktif,” kata pejabat itu. Dia menambahkan bahwa AS berharap India akan memperluas pelatihan pasukan ‘kemanan’ Afghan.

Panetta tiba di New Delhi pada hari Selasa selama dua hari untuk pembicaraan dengan para pejabat India. Perjalanannya ke India datang di tengah-tengah hubungan antara AS dan Pakistan mulai rapuh.

Setelah serangan udara AS yang menewaskan 24 tentara nasional Pakistan, hubungan diplomatik Washington-Islamabad mulai rapuh ditandai dengan ditutupnya jalur pasokan di Pakistan bagi pasukan AS-NATO di Afghanistan. Ditambah dengan serangan-serangan drone AS yang melanggar kedaulatan bangsa Pakistan.

Meski demikian, Pakistan sendiri belum menunjukkan sikap tegas terhadap AS karena serangan drone AS masih tetap dan kian meningkat terhadap warga sipil Pakistan akhir-akhir ini. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...