Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan berhasil uji coba rudal Hatf-VIII (Ra’ad)

1

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pakistan pada Jumat (1/6/2012) melakukan uji coba peluncuran Air Launched Cruise Missile, Hatf-VIII (Ra’ad).

Rudal Ra’ad, dengan daya jangka melebihi 350 km, memungkinkan Pakistan untuk keluar dari kebuntuan strategis di darat maupun di laut. ‘Teknologi Cruise sangat kompleks dan telah dikembangkan oleh hanya beberapa negara di dunia.

Keunikan rudal ini adalah dilengkapi kemampuan manuver yang tinggi, dan dapat memberikan hulu ledak nuklir dan senjata konvensional dengan akurasi yang cukup maksimal. Fitur tambahan utama dari tes hari ini adalah kerja yang efektif dari Otoritas Komando Nasional yang sepenuhnya menggunakan Sistem Dukungan Komando dan Pengendalian (SCCSS).

Fitur ini telah memungkinkan kemampuan Komando dan Kontrol semua aset strategis yang akan memudahkan para pengambil keputusan di National Command Centre (NCC). Sistem ini memiliki kemampuan tambahan pemantauan real time terpencil jalur penerbangan rudal.

Peluncuran ini dikomentari Presiden, Perdana Menteri Pakistan, dan Ketua Gabungan Kepala Staf Komite yang telah mengucapkan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur pada prestasi mereka.

Ini adalah uji coba rudal keempat yang berhasil di bulan Mei. Sebelumnya pada 29 Mei Pakistan berhasil melakukan uji coba Short Range Surface Surface Multi Tube Rudal Hatf IX (Nasr).

Pada 25 April, Pakistan menguji Shaheen IA, versi upgrade dari Shaheen-I yang diikuti dengan peluncuran SRBM Ghaznavi-I pada tanggal 10 Mei. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...