Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin Al Shabaab telah kehilangan kontrol atas kota Afmadow?

1

AFMADOW (Arrahmah.com) – Mujahidin Somalia, Al shabaab telah mengonfirmasikan jatuhnya kota Afmadow di wilayah Somalia selatan, ke tangan tentara teroris Uni Afrika dan Somalia, menurut laporan Al Jazeera.  Afmadow merupakan salah satu basis Al Shabaab yang berada di Somalia selatan.

“Pasukan Kenya dan Somalia kini telah memasuki Afmadow.  Tidak ada pertempuran yang terjadi di dalam kota,” ujar syeikh Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer Al Shabaab kepada Reuters, Kamis (31/5/2012).

“Pertama kami berjuang keras di luar kota dan kemudian pejuang kami meninggalkan kota sebagai bagian dari taktik militer.  Namun, kami tidak akan berhenti berjuang,” tambahnya.

Mohammad Farah, juru bicara pasukan pemerintah boneka Somalia di wilayah Juba mengatakan gambaran yang sama mengenai bagaimana kota ini bisa dikuasai oleh mereka, tujuh bulan setelah Kenya mengirimkan tentaranya ke negara itu untuk memerangi Al shabaab.

“Tidak ada korban.  Al Shabaab melarikan diri dan tidak terjadi pertempuran.  Kami akan mengkonsolidasikan keamanan untuk saat ini,” ujarnya kepada Reuters.

Sebelumnya Mujahidin Al Shabaab juga menggunakan taktik yang sama di kota Mogadishu, ibukota Somalia.  Mereka meninggalkan kota sebagai strategi militer kemudian melancarkan serangan gerilya untuk menghancurkan musuh.  Serangan demi serangan dilancarkan oleh Mujahidin dari pinggiran kota Mogadishu yang berhasil memukul tentara musuh.

Kota Afmadow merupakan kota strategis yang menuju kota pelabuhan Kismayo di Somalia selatan, salah satu pusat operasi Al Shabaab yang berjarak sekitar 120 km.  

Hingga kini, Al Shabaab belum mengeluarkan statemen resmi terkait pemberitaan tersebut.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...