Berita Dunia Islam Terdepan

Mesir siaga satu, Deptan mengerahkan pasukan khusus dan pasukan lapis baja

2

KAIRO (Arrahmah.com) – Koran Bawabatul Ahram melaporkan Departemen Pertahanan Mesir memasang beberapa lapis kawat berduri untuk membendung para demonstran di depan gedung Deptan, Ahad (29/4/2012). Di belakang kawat berduri, Deptan mengerahkan aparat keamanan lengkap terdiri dari tiga lapis polisi militer dan pasukan lapis baja.

Gedung Deptan Mesir yang berada di Abbasiyah Square menampakkan keadaan siaga penuh. Bentrokan lanjutan dengan para demonstran diperkirakan akan kembali terjadi. Selama tiga hari demonstrasi, ribuan demonstran dipukul mundur oleh aparat keamanan dan para preman bayaran, namun mereka segera kembali dan memenuhi jalan raya depan gedung Deptan.

Mengantisipasi kemungkinan terbutuk, rezim militer memasang pengamanan berlapis di depan gedung Deptan. Di belakang lapisan kawat berduri dan tiga lapis pasukan polisi militer, hanya berjarak 20 meter telah disiagakan pasukan keamanan markas besar tentara nasional Mesir. Di belakang mereka dipasang pasukan polisi militer, dan paling belakang disiagakan pasukan lapis baja.

Koran Bawabatul Ahram juga melaporkan di tengah pasukan berlapis yang menjaga gedung Deptan terdapat beberapa kesatuan pasukan khusus Mesir. Beberapa perwira menengah dan komandan kesatuan militer tampak berada di tengah pasukan. Cuaca panas yang menyengat memaksa sebagian perwira berteduh di bawah pepohonan di halaman gedung Deptan.

Beberapa penduduk sekitar gedung Deptan menyatakan sebagian tentara membagi-bagikan botol air minum mineral kepada rekan-rekannya. Sementara itu para komandan kesatuan militer memerintahkan pasukannya untuk tidak membalas caci makian para demonstran. Jika bentrokan dan kerusuhan yang lebih besar kembali terjadi, bukan tidak mungkin peristiwa Tahrir Square 2011 akan terulang di depan gedung Deptan.

(muhib almajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...