Berita Dunia Islam Terdepan

Mantan kepala interogasi CIA membenarkan teknik penyiksaan terhadap para tersangka “teroris”

5

AMERIKA SERIKAT (Arrahmah.com) – Mantan kepala interogasi CIA Jose Rodriquez membenarkan dan membela teknik penyiksaan kontroversial CIA, termasuk Waterboarding.

“Program ini adalah tentang menanamkan rasa putus asa dalam diri teroris, di tahanan, sehingga dia akan menyimpulkan bahwa dia lebih baik untuk bekerjasama dengan kami,” kata Rodriquez.

Rodriquez mengatakan baha teknik seperti Waterboarding, manipulasi diet, dan kekurangan tidur adalah dibenarkan.

Dalam kapasitasnya sebagai kepala interogasi CIA, dia memerintahkan untuk menghancurkan video-video tertentu yang merekam interogasi pada saat Waterboarding dilakukan.

Video-video tersebut difilmkan di penjara rahasia CIA di Thailand yang menunjukkan Waterboarding terhadap para tersangka “teroris” Abu Zubaydah dan Abdul Rahman al-Nashiri. Kemudian rekaman itu dihancurkan dan terungkap pada 2007.

Mantan wakil Presiden AS Dick Cheney juga telah membela metode penyiksaan yang digunakan oleh CIA, dan dia mengatakan bahwa itu “Menyelamatkan hidup Amerika”.

Sementara sebuah investigasi dari Senat Demokrat menyatakan bahwa tidak ada bukti dari teknik-teknik penyiksaan tersebut yang dilakukan oleh setiap terobosan “kontra-terorisme”.

Waterboarding adalah teknik interogasi yang dilakukan terhadap para tahanan dalam posisi tangan diikat dan wajah atau kepala ditutup, kemudian dituangkan air padanya dengan tujuan agar target merasa tertekan dan tersiksa dan diharapkan memberikan informasi yang diinginkan interogator. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...