Berita Dunia Islam Terdepan

Amir Ansar Al-Shariah (AQAP) perintahkan untuk membebaskan 73 tahanan tentara rezim Yaman

4

YAMAN (Arrahmah.com) – Amir Ansar Al-Shariah (AQAP) Abu Bassir Nasir Al-Wuhayshi memerintahkan pada Sabtu (28/4/2012) untuk membebaskan semua tentara rezim Yaman yang mereka tahan di Imarah Islam Waqar di wilayah Abyan di Yaman Selatan, berdasarkan laporan Madad News Agency.

Sumber media di Ansar Al-Shariah mengklarifikasi bahwa keputusan pembebasan 73 tawanan pasukan rezim Sana’a datang setelah mediasi para tetua suku dan sekelompok Ulama yang datang ke Imarah Islam Waqar yang dipimpin oleh Alim Syaikh Awad Ba’Najar serta kelompok hak asasi manusia, keluarga para tahanan dan delegasi dari para pemuda revolusi Yaman, memberitahukan bahwa para mediator mulai berdatangan sejak Sabtu (28/4) pagi ke Waqar untuk bertemu dengan Ansar Al-Shariah dan meminta untuk membebaskan para tahanan.

Sumber itu menambahkan bahwa setelah pertemuan dengan para delegasi tersebut, permintaan mereka disampaikan kepada Majelis Al-Syura Ansar Al-Shariah. Setelah dilakukan musyawarah, Amir Al-Wuhayshi memerintahkan untuk membebaskan para tahanan untuk menghormati para delegasi yang datang, menyatakan bahwa pembebasan akan dilakukan (Insya Allah) pada hari Ahad (30/4) dan mengatakan “Pergilah, karena kalian bebas”.

Menurut Madad News Agency, sumber Mujahidin Ansar Al-Shariah membantah bahwa keputusan tersebut adalah hasil tekanan terhadap Ansar Al-Shariah atau karena alasan tebusan.

Sebelumnya pada awal Maret lalu, Ansar Al-Shariah telah membebaskan 25 tahanan tentara rezim dan memberikan ke setiap tentara sebesar 5.000 riyal untuk pulang ke rumah mereka dan mengambil pernjanjian dari mereka untuk tidak berperang kembali di jajaran tentara boneka Yaman. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...