Berita Dunia Islam Terdepan

10 perusahaan AS meliputi apa yang anda konsumsi

13

AMERIKA SERIKAT (Arrahmah.com) – Mungkin jelas bahwa produk Corn Flakes dan Frosted Flakes adalah dibuat oleh perusahaan Kellogg’s, tetapi apakah kebanyakan orang mengetahui bahwa produk Hot Pockets dan L’Oreal saham perusahaan induk di Nestlé?

Sejumlah brand besar dan terkenal hanya dikendalikan oleh 10 perusahaan multinasional, berdasarkan info grafik yang ‘menakjubkan’ dari blog Prancis Convergence Alimentaire.

Kita dapat melihat betapa banyak produk yang yang dimiliki oleh Kraft, Coca-Cola, General Mills, Kellog’s, Mars, Unilever, Johnson & Johnson, P&GNestlé, dan Pepsico.

 

10 perusahaan mulitnasional tersebut telah mendominasi apa yang dikonsumsi oleh masyarakat dunia, terutama mereka yang hidup di perkotaan, hampir tidak dapat terhindar dari produk-produk diatas karena telah memenuhi supermarket dan minimarket bahkan di warung-warung kecil di desa-desa pun telah diwarnai produk-produk hasil produksi perusahaan AS.

Data berdasarkan gambar diatas bukanlah data pasti karena kemungkinan produk-produk dari perusahaan diatas akan terus bertambah.

Sementara di Amerika sendiri, selain konsumen barang industri yang menjadi konsolidasi, 90 persen dari media saat ini dikendalikan oleh hanya enam perusahaan, dari sebelumnya dikendalikan oleh 50 perusahaan pada 1983, berdasarkan info grafik Frugal Dad tahun lalu.

Frugal Dad mencatatat keenam perusahaan itu adalah GE, News-Corps, Disney, Viacom, Time Warner, dan CBS. Demikian juga 37 Bank bergabung menjadi JPMorgan Chase, Bank of America, Wells Fargo dan CitiGroup selama dua dekade terakhir, seperti yang terlihat di info grafik Mother Jones, dilansir Huffington Post. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...