Berita Dunia Islam Terdepan

AS berikan tambahan 680 juta dolar untuk Iron Dome Israel

2

AMERIKA SERIKAT (Arrahmah.com) – Amerika Serikat (AS) berencana akan memberikan tambahan sebesar 680 juta USD untuk memperkuat sistem rudah Iron Dome Israel, kata anggota staf kongres AS.

Dibawah rencana yang dirancang oleh DPR Republik, AS akan menghabiskan uang untuk sistem rudal tersebut dari fiskal yang saat ini hingga 2015, seperti yang dilansir Reuters.

Uang tersebut bertujuan untuk memperkuat perisai roket jarak pendek Israel dan ini akan memungkinkan Israel membuat empat aki tambahan untuk Iron Dome. Dana tersebut sebelumnya telah diminta oleh Israel.

Bilangan baru itu akan menjadi tambahan hingga 205 juta USD yang pemerintah Barack Obama dan Kongres telah sepakati dalam anggaran 2011.

Anggara Obama telah menyiapkan 3,1 milyar USD untuk bantuan militer Israel sebagai bagian dari komitmen AS untuk Israel sebesar 30 milyar USD selama periode 10 tahun.

Howard McKeon, Ketua Dewan Badan Komite Angkatan Bersenjata, dan Ileana Ros-Lehtinen, yang mengepalai Komite Urusan Luar Negeri, mengeluh melalui surat kepada Obama bahwa catatan permintaan anggaran rendahnya telah membahayakan keamanan Israel.

Pekan lalu, Pentagon menyatakan lagi bahwa keamanan Israel adalah prioritas utama Obama dan Menteri Pertahanan Leon Panetta.

Sebuah laporan dipublikasikan oleh Badan Penelitian Kongres yang mengungkapkan bahwa AS telah memberikan bantuan terhadap Israel selama ini lebih dari 67 milyar USD. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...