Berita Dunia Islam Terdepan

Demonstran Yaman meminta para loyalis Saleh dibersihkan dari posisi kekuasaan

3

SANA’A (Arrahmah.com) – Rakyat Yaman sekali lagi melakukan aksi turun ke jalan di seluruh negeri menuntut penghapusan para loyalis mantan diktator Ali Abdullah Saleh dari posisi kekuasaan.

Para demonstran berunjuk rasa di ibukota Sana’a, Taizz, al-Dalia’, Rada’a, dan Ibb pada hari Jumat (20/4/2012), menuntut pengadilan terhadap mantan penguasa Ali Abdullah Saleh dan seluruh jaringan Saleh.

Protes anti-pemerintah di Yaman terus terjadi meskipun Saleh sudah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Yaman I.

Para demonstran menginginkan penuntutan Saleh dan para pembantunya atas pembunuhan ribuan pemrotes anti pemerintah selama revolusi negara itu berlangsung.

Para pengunjuk rasa juga mengkritik pemerintahan baru karena hanya bekerja untuk kepentingan asing, termasuk Arab Saudi dan Qatar.

Saleh, yang memerintah Yaman selama 33 tahun, mengundurkan diri pada Februari berdasarkan kesepakatan transfer kekuasaan yang didukung AS. Sebagai imbalannya, Saleh diberi kekebalan hukum.

Wakilnya, Abdrabuh Mansur Hadi, menggantikan Saleh pada 25 Februari menyusul pemilihan presiden yang didukung oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi. Hadi akan menjabat untuk jangka waktu dua tahun. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...