Berita Dunia Islam Terdepan

Mesir: Komando Pusat AS bertemu dengan Marsekal Tantawi untuk kerjasama militer dan transisi demokrasi

1

KAIRO (Arrahmah.com) – Jenderal James Mattis, kepala Komando Pusat AS (CENTCOM), tiba di Kairo pada hari Rabu (18/4/2012) dengan pesawat militer bersama lima rekannya, seperti yang dilansir MENA.

Dalam kunjungannya, Mattis bertemu dengan Marsekal Mohamed Hussein Tantawi, kepala putusan Dewan Tertinggi Angkatan Darat Mesir, dan Jenderal Sami Anan, staf kepala Angkatan Darat.

Ditengah-tengah panasnya proses pemilihan presiden Mesir, Mattis mengadakan pertemuan dengan Tantawi dan Anan untuk mendiskusikan kelanjutan kerjasama militer antara Mesir dan AS dalam menjaga ‘stabilitas keamanan’ di negara tersebut.

Berdasarkan laporan MENA, pembicaraan itu juga mencakup transisi demokrasi di Mesir dalam pemilihan presiden mendatang, cara-cara untuk meningkatkan hubungan antara Mesir dan AS, dan bantuan AS yang dapat diberikan kepada Mesir dalam tahap ini.

Mesir diketahui telah menerima bantuan sebesar 1,5 milyar USD dari AS setiap tahunnya, kebanyakan untuk bantuan kemiliteran.

“CENTCOM bekerjasama dengan Mesir untuk memordenisasi militer negara ini/aparatur keamanan dan memfasilitasi partisipasi yang lebih besar dalam operasi-operasi kontingensi,” kata Mattis. “CENTCOM, melalui berbagi inteligensi, juga dukungan untuk ‘kontra operasi penyelundupan’ di perbatasan Laut Merah dan sepanjang perbatasan selatan.” (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...