Berita Dunia Islam Terdepan

Muslimah Saudi lantang suarakan protes atas minimnya sistem pendidikan

3

RIYADH (Arrahmah.com) – Sejumlah mahasiswi di kota Barat Arab Saudi, Madinah, telah mengadakan aksi protes menolak buruknya sistem pendidikan di negaranya.

Para mahasiswa dari Universitas Taibah meninggalkan kelas mereka dan menggelar aksi duduk di luar kantor dekan sementara menyerukan dilakukannya perbaikan pendidikan.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa perbaikan dalam sistem pendidikan negara serta layanan dan fasilitas di kampus itu sangat diperlukan.

Mahasiswi di Universitas Tabuk juga menggelar protes terhadap sistem pendidikan akhir pekan lalu. Mereka menyerahkan daftar tuntutan mereka kepada staf universitas, salah satunya adalah panggilan untuk perbaikan perilaku yang tidak dapat diterima dari sejumlah profesor mereka.

Sementara pada bulan Maret, para mahasiswi di kota Abha menggelar protes serupa di kota Abha. Pasukan rezim menyerang pengunjuk rasa, dan menewaskan seorang serta melukai lebih dari lima puluh orang lain.

Arab Saudi bagian timur telah menjadi tempat protes anti-pemerintah sejak Februari 2011, dimana para demonstran menuntut reformasi hak kebebasan dan pembebasan tahanan politik.

Beberapa demonstran tewas dan puluhan aktivis telah ditangkap sejak awal protes di wilayah tersebut.

Riyadh telah mengintensifkan tindakan keras terhadap para pemrotes anti pemerintah sejak awal 2012. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...