Berita Dunia Islam Terdepan

ICC tidak dapat menyelidiki kejahatan perang Israel di Gaza karena Palestina “bukanlah sebuah negara”

5

GAZA (Arrahmah.com) – Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah memutuskan bahwa mereka tidak dapat menyelidiki Israel karena tuduhan kejahatan perang selama 22 hari pengepungan di Gaza pada musim dingin tahun 2008-2009 dengan alasan tidak memiliki yuridiksi bagi mereka yang bukan negara anggota PBB secara penuh.  Meskipun Palestina diakui oleh 130 negara, namun masih saja dianggap bukan anggota PBB penuh.

Serangan besar yang dijuluki dengan “Operation Cast Lead” oleh militer Zionis menewaskan lebih dari 1.400 warga sipil Palestina.  Selama serangan, Israel telah mengakui menggunakan amunisi yang mengandung fosfor putih.  Bahan kimia yang menyebabkan luka bakar yang mengerikan bagi mereka yang terkena kontak dengan bahan tersebut.

Keputusan itu merupakan pukulan besar bagi kelompok hak asasi manusia dan rakyat Palestina dan datang satu minggu setelah Israel memutuskan kontak dengan Dewan Hak Asasi Manusia PBB atas launching penyelidikan internasional atas pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat.

“Keputusan hari ini tampaknya menutup pintu untuk akses ke ICC untuk korban kejahatan internasional yang dilakukan di wilayah Palestina.” (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...