Berita Dunia Islam Terdepan

Teknik introgasi CIA era Bush sama saja dengan kejahatan perang

7

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Mantan Penasihat Departemen Luar Negeri AS, Philip Zelikow, menggambarkan teknik interogasi CIA selama pemerintahan George W. Bush sama dengan penyiksaan.

Dalam wawancara dengan Guardian, yang dikutip oleh Press TV pada hari Sabtu (7/4/2012), Zelikow mengatakan bahwa ia menganggap apa yang disebut sejumlah pejabat “interogasi yang disempurnakan” -seperti pengurangan waktu tidur dan waterboarding- sebagai penyiksaan.

“Saya menganggap praktik interogasi dan kondisi kurungan seperti ini, bila digabungkan, maka akan lebih sempurna disebut sebagai penyiksaan,” katanya.

Zelikow juga mencatat bahwa dia telah memperingatkan dalam sebuah memo rahasia pada tahun 2006 bahwa teknik-teknik penyiksaan semacam ini melanggar hukum internasional dan merupakan bentuk kejahatan perang.

Pemerintahan Bush segera menolak laporan Zelikow tersebut dan memerintahkan salinan memo itu untuk segera dihancurkan.

Dia pun menambahkan bahwa keputusan pengadilan tertinggi yang menyatakan bahwa Konvensi Jenewa melegalkan metode tersebut di bawah pemerintahan Bush adalah keputusan yang tidak sah. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...