Berita Dunia Islam Terdepan

AS berencana akan mengerahkan empat kapal tempur ke Singapura

2

AMERIKA SERIKAT (Arrahmah.com) – Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan bahwa mereka akan mengerahkan empat kapal tempur ke pesisir Singapura untuk latihan militer bersama sebagai langkah untuk memperluas kerjasama militer bilateral dengan negara Asia, seperti yang dilansir presstv.

Pengumuman ini dibuat oleh Menteri Pertahanan AS Leon Panetta pada Kamis (5/4/2012), sehari setelah pertemuannya dengan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng di Pentagon.

“Langkah Departemen Pertahanan ini akan mengerahkan kapal tempur AS ke Singapura dan meningkatkan tingkat latihan bersama yang akan memperdalam hubungan militer bilateral, Penyebaran sinyal komitmen AS untuk wilayah (Asia-Pasifik) dan meningkatkan kemampuan untuk melatih dan terlibat dengan mitra regional ,” kata pernyataan gabungan dua Menteri Pertahanan itu.

Pernyataan itu menekankan bahwa AS akan memperluas kekuatannya di kawasan Asia-Pasifik dengan dalih meningkatkan “stabilitas dan keamanan regional.”

Pernyataan itu menambahkan bahwa kapal-kapal tempur itu akan dikerahkan pada basis rotasi daripada berbasis di Singapura.

Juru bicara Pentagon Leslie Hull-Ryde, menjelaskan bahwa rencana tersebut sebagai “langkah yang signifikan” dalam kerja sama militer mereka dan mengatakan bahwa “rincian spesifik terkait keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya itu masih menjadi bahasan”.

Sejak 1990, Singapura telah konsisten mendukung kehadiran kekuatan militer AS di kawasan Asia-Pasifik. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...