Berita Dunia Islam Terdepan

GMJ-Aspac berangkatkan rombongan terakhir ke Yordania

3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Global March to Jerussalem melakukan pelepasan rombongan terakhir peserta GMJ menuju ke Amman, Yordania, acara tersebut diiringi oleh konferensi pers dan aksi teatrikal dari komunitas Punk Muslim.

Dalam penjelasannya, Ahmad Zainuddin yang juga koordinator Aksi Damai untuk Palestina ke Amman itu mengatakan, acara aksi damai untuk Palestina itu digagas oleh berbagai aktivis internasional yang peduli kepada Palestina.

Indonesia dan negara lain berpartisipasi didasari terancamnya situs sakral keagamaan dan sejarah Al Quds (kota Jerusalem yang menjadi kunci terciptanya perdamaian maupun peperangan), serta menyuarakan pelanggaran Israel atas pendudukan Al Quds sebagai bentuk kejahatan kemanusiaan.

“Ini bertentangan dengan rasa kemanusiaan dan keadilan, sehingga kami harus berbuat sesuatu, melakukan upaya konkrit untuk menyelamatkan kota Jerusalem dari segala bentuk diskriminasi dan kesewenangan-wenangan,” kata Ahmad kepada arrahmah.com yang juga anggota DPR dari Komisi X saat konferensi pers di Restoran Pulau dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (28/3).

Duta Indonesia untuk Palestina Merdeka berangkat secara terpisah. Diantara peserta GMJ, dikabarkan sudah disambut langsung oleh Dubes Indonesia untuk Jordania, Zainul Bahar Nur. Adapun duta Indonesia yang tadi malam berangkat menuju Jordan, nantinya akan bergabung dengan peserta GMJ asal Indonesia lainnya.  

Rencananya rombongan akan bertolak dari Bandara Soekaro-Hatta, Jakarta menuju ke Amman, Yordania. Selain dari masyarakat umum dan LSM, GMJ diikuti pula oleh 11 anggota DPR RI dari berbagai partai politik (PKS, PPP, PAN, Demokrat dan PDIP) bergabung dalam Kaukus DPR untuk Palestina.

Sebagian simpatisan yang  tidak berangkat ke Jordan, secara serentak, pada tanggal 30 Maret ini, ribuan massa di berbagai kota besar, mulai dari Jakarta, Medan, Surabaya, Makasar, Mataram, Pontianak, dan kota lainnya, akan turun ke jalan untuk mendukung Global March To Jerusalem (GMJ). Massa yang turun datang dari berbagai kalangan aktivis kemanusiaan, ormas dan NGO dari seluruh golongan dan agama yang peduli terhadap pembebasan Palestina dan Al Quds.

Dalam konferensi pers tersebut , turut hadir  Tuan Guru Ahmad Muchlis (Ketua Komite Nasional Aspac NTB) dan Dr. Muhammad Firdaus (Komisi XI Kaukus Palestina DPR). (bilal/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...