Berita Dunia Islam Terdepan

Demonstran Gaza minta Mesir tak hentikan pengiriman bahan bakar

2

JALUR GAZA (Arrahmah.com) – Ribuan warga Palestina melakukan aksi demonstrasi di Jalur Gaza menyerukan Mesir untuk kembali mengirimkan bahan bakar ke wilayah Palestina yang diblokade Zionis Israel.

Para demonstran melakukan protes setelah melakukan aksi tersebut setelah shalat Jumat (23/3/2012) di kota utara Jabalia di Jalur Gaza, AP melaporkan.

Di pertengahan bulan Februari, Mesir memblokade pasokan diesel melalui terowongan yang memanjang di sepanjang perbatasan dengan Gaza yang digunakan untuk mentransfer sejumlah barang kebutuhan ke wilayah pesisir itu, di tengah pengepungan yang melumpuhkan berbagai sektor kehidupan warga Gaza.

Penghentian itu pun memaksa satu-satunya pembangkit listrik di wilayah itu mengurangi jadwal beroperasi dan menyebabkan wilayah tersebut  mengalami pemadaman hingga 18 jam sehari.

Selama protes pada hari Jumat (23/3), Perdana Menteri Hamas, Ismail Haniyeh, menyebut keputusan otoritas Mesir sebagai rencana terselubung terhadap warga Gaza.

Gaza telah diblokade oleh Tel Aviv sejak tahun 2007, menyebabkan penurunan standar hidup, tingkat pengangguran dan kemiskinan yang sangat tinggi. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...