Berita Dunia Islam Terdepan

Pengungsi sipil muslim Suriah di Turki mencapai 15 ribu jiwa

2

ANKARA (Arrahmah.com) – Jumlah warga sipil muslim Suriah yang mengungsi ke Turki akibat serangan biadab militer rezim Nushairiyah Suriah terus meningkat. Sampai saat ini, jumlah mereka telah mencapai 15 ribu jiwa.

Para pengungsi muslim Suriah ditampung di tujuh kamp pengungsian yang berada di wilayah Yeladaghe, Altin Uzlu, dan Rehanile di propinsi Hathoy, Turki Selatan. Demikian laporan kantor berita Anatolia, Kamis (15/3/2012).

Penanganan terhadap para pengungsi Suriah dipegang oleh Komite Bulan Sabit Merah Turki. Saat ini Komite tengah mendirikan 500 tenda baru untuk menyambut jumlah pengungsi yang terus meningkat.

Dalam sepuluh hari terakhir, sebanyak 5000 warga sipil muslim Suriah menyeberangi perbatasan Suriah-Turki untuk mengungsi. Departemen Luar Negeri Turki sendiri mengumumkan pada Kamis (15/3/2012) dalam hitungan 24 jam terakhir saja, sebanyak 1000 warga muslim Suriah tercatat menyeberangi wilayah perbatasan Suriah-Turki untuk tujuan yang sama.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Turki, Saljuq Onal, dalam jumpa pers pada hari Kamis menyebutkan bahwa sampai pekan terakhir, data resmi menunjukkan 13.700 warga sipil Suriah berada di kamp-kamp pengungsian Turki. Namun pengungsiaan 1000 warga Suriah dalam 24 jam terakhir meningkatkan jumlah total pengungsi menjadi 14.700 jiwa.

Jumlah para pengungsi di Turki, Lebanon, dan Yordan sangat mungkin akan terus bertambah. Militer rezim Suriah dukungan rezim Syiah Iran dan Syiah Lebanon sampai saat ini terus melakukan pembantaian terhadap warga sipil muslim di seluruh wilayah Suriah.

(muhib al-majdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...