Berita Dunia Islam Terdepan

Koperasi syari’ah berbasis masjid dikembangkan mahasiswa IPB

5

JAKARTA (Arrahmah.com) – Termotivasi hendak mendorong kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa, sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor mengembangkan koperasi syariah berbasis masjid di desa.

“Ide  ini muncul karena ada keinginan kami untuk lebih menyejahterakan masyarakat desa melalui kegiatan ekonomi di masjid, ditambah lagi seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW di mana masjid juga digunakan sebagai pusat pemerintahan,” kata Riki Cahyo Edy, salah satu mahasiswa penggagas program itu di Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/3).

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa yang telah didanai oleh Ditjen Dikti Kemendikbud, kelima mahasiswa IPB itu memiliki motivasi menggandeng desa untuk lebih jauh mengenal koperasi syariah. 

“Kami ingin memberikan citra hangat koperasi yang syariah bagi masyarakat di desa, kami ingin membuktikan bahwa dengan koperasi syariah mampu mendorong perekonomian desa,” kata Randy salah satu penggagas koperasi tersebut. 

Dia menjelaskan, berbagai program yang mereka rancang secara terpadu, seperti pendekatan intensif, pembekalan, membentuk pengurus sampai berujung komitmen bersama untuk membentuk koperasi syariah.

Menurut dia, dalam dekat ini mereka akan memberikan model koperasi syariah dan kemudian dioperasikan.

“Target kami adalah terbentuk koperasi syariah yang benar-benar resmi,” tambah Riki.

Mahasiswa IPB itu juga berharap gerakan seperti itu dapat dilakukan juga oleh pemuda lainnya melalui optimalisasi fungsi masjid. 

“jika setiap masjid terdapat koperasi syariah, minimal memberikan wadah serta peluang untuk perekonomian desa yang lebih maju,” katanya membayangkan.

Lebih dari itu, mereka  menginginkan juga masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim, selain menjadi tempat ibadah juga berfungsi sebagai pusat perekonomian desa.

Lima mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan kegiatan itu adalah Randy, sebagai ketua tim dengan anggota Riki Cahyo Edy, M. Wahyu Sautomo, Asep Hambali, dan Pipit Pratama.Mereka menggagas koperasi syariah di Masjid Al-Ghomidi, Desa Cibitung Tengah, Tenjolaya, Kabupaten Bogor. (bilal/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...