Berita Dunia Islam Terdepan

Bandara internasional Baghdad akan ditutup selama KTT Liga Arab

2

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Bandara internasional Baghdad akan ditutup dari 26 Maret hingga Konferensi Tingkat Tinggi Liga Arab berakhir di ibukota Irak pada 29 Maret mendatang, salah seorang kepala penerbangan Irak menyatakan pada Selasa (13/3/2012).

“Kami akan menghentikan penerbangan dari 26 (Maret) hingga KTT berakhir,” kata Nasser Hussein Bandar, Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Irak. “Bandara tersebut akan digunakan untuk menerima kedatangan tamu delegasi KTT.”

KTT ini dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 29 Maret mendatang, tapi akan didahului oleh dua hari pertemuan para menteri negeri-negeri Arab.

Seorang jenderal senior Irak mengatakan pada Senin (12/3) bahwa ia sedang mengusahakan agar pasukannya bisa memastikan keamanan Baghdad selama pertemuan, yang merupakan pertemuan non-darurat pertama selama lebih dari 30 tahun yang diadakan di Baghdad.

“Al-Qaeda sedang bekerja keras untuk menciptakan kekacauan dan berusaha keras untuk mendapatkan perhatian media,” kata Letnan Jenderal Hussein al-Baydhani, kepala staf keamanan pusat Baghdad, di kantornya.

Dia menambahkan bahwa para pendukung setia Saddam Hussein pun sedang berusaha mencari untuk melakukan serangan.

“Kami sedang bekerja untuk menjaga Baghdad agar ada dalam kondisi yang normal selama pertemuan,” katanya.

Ia menambahkan: “Kami tidak berencana untuk menempatkan jam malam, tapi kemungkinan besar akan disesuaikan dengan kebutuhan.”

Para pemimpin Irak telah memberikan jaminan berulang-ulang atas semua pengaturan keamanan yang diperlukan selama konferensi, meskipun kekerasan sering terjadi di negara tersebut. Pada bulan Februari 2012 saja, terdapat 150 orang tewas.

Pertemuan puncak itu rencananya akan diadakan di Baghdad tahun lalu, namun masalah keamanan dan pemberontakan di beberapa negara Arab menyebabkan pertemuan ini tertunda. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...