Berita Dunia Islam Terdepan

Pengecut, tentara Saudi serang pendemo perempuan di Abha

5

ABHA (Arrahmah.com) – Pasukan keamanan Saudi dilaporkan menyerang dan memukuli mahasiswi di barat daya kota Abha, yang tengah melakukan unjuk rasa memprotes ketidakadilan.

Aktivis mengatakan mahasiswi Universitas King Khalid di Abha menggelar aksi protes pada Rabu (7/3/2012) untuk mengekspresikan kemarahan mereka mengenai diskriminasi dan penganiayaan oleh aparat keamanan di universitas.

Mereka juga mengeluhkan kurangnya fasilitas dasar, seperti kursi.

Tidak dilaporkan mengenai korban luka dalam pemukulan tersebut.

Sementara itu aktivis ham Saudi, Mohammed Albajady masih melakukan mogok makan untuk memprotes penahanannya yang hampir setahun tanpa proses pengadilan.  Ia telah menolak untuk makan sejak 16 hari lalu.

Arab Saudi tengah menghadapi kerusuhan yang tumbuh dan rakyat mulai menuntut keadilan dan pembebasan tahanan politik sejak tahun lalu.  Unjuk rasa anti-pemerintah sebagian besar diselenggarakan di Provinsi Timur Kerajaan, meskipun tindakan keras kepada pendemo dilancarkan, namun protes terus menyebar di seluruh negeri.

Rakyat Saudi mengadakan demonstrasi damai di Provinsi Timur, terutama di Awamiyah dan Qatif sejak Februari tahun lalu dan hampir secara teratur diselenggarakan, menuntut reformasi, kebebasan berekspresi dan pembebasan tahanan politik.

Para pengunjuk rasa juga menginginkan berakhirnya diskriminasi ekonomi dan agama terhadap wilayah kaya minyak tersebut.  Beberapa demonstran tewas dan puluhan aktivis telah ditangkap sejak awal protes. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...