Berita Dunia Islam Terdepan

Delegasi Eropa tiba di Somalia untuk “kesepakatan minyak rahasia”

2

PUNTLAND (Arrahmah.com) – Para delegasi Eropa tiba di wilayah otonomi Somalia, Puntland untuk menilai “proyek anti pembajakan” yang didanai Eropa di wilayah tersebut.

Sekitar 33 wakil Eropa datang dari Inggirs, Norwegia, Denmark dan Belanda mengunjungi kota Growe di Puntland pada hari Rabu  (7/3/2012).

Menurut Direktur anti-pembajakan Puntland Abdirizak Mohamed Ahmed Ducaysane, para delegasi Eropa itu berncana untuk meninjau langkah-langkah proyek anti-pembajakan di wilayah tersebut, yang mereka danai hingga jutaan dolar untuk memerangi “para pembajak Somalia” di samudera Hindia.

Namun, pejabat pemerintah Somalia mengatakan bahwa tujuan utama kunjungan delegasi Eropa itu adalah untuk melakukan “kesepakatan minyak rahasia antara Eropa dan Puntland”.

Pejabat yang berbicara pada kondisi anonimitas itu, mengatakan bahwa kesepakatan apapun akan menjadi ilegal dan harus ditandatangani oleh Pemerintah Federal Transisi Somalia (TFG), dikutip presstv.

Misi para delegasi Eropa ke Somalia ini adalah salah satu hasil dari Konferensi London yang diselenggarakan pada (23/2) di London yang dihadiri oleh 40 negara dengan dalih menghentikan “ancaman terorisme dan pembajakan” dan untuk “mengebalikan stabilitas Somalia”.

Sementara itu, Mujahidin Al-Shabaab menegaskan bahwa hasil konferensi London tidak ada bedanya dengan konferensi-konferensi Barat lainnya yang bertujuan untuk menjajah Somalia. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...