Berita Dunia Islam Terdepan

Dua SUV dengan peralatan rahasia dicuri dari basis militer di Kabul

4

KABUL (Arrahmah.com) – Dua kendaraan militer yang dilengkapi dengan teknologi tinggi sangat rahasia untuk menangkal bom pinggir jalan, telah dicuri di bawah hidung tentara di sebuah pangkalan militer di Afghanistan.

Kendaraan-keduanya lapis baja Land Cruiser Toyota-lenyap dari Kamp Eggers di Kabul, menurut suatu pengumuman di website Investigasi Kriminal Militer.

Kendaraan tersebut menurut Christopher O’Gara, seorang mantan pejabat divisi keamanan nasional dalam Layanan Investigasi Pertahanan, akan “tak ternilai” bagi musuh.

Pada bulan Agustus 2010, penyerang mengenakan seragam Amerika dan rompi peledak melakukan serangan simultan di basis militer NATO di dekat perbatasan Pakistan.

“Saya yakin musuh akan senang menggunakan itu (teknologi AS) untuk melawan kami, entah itu sebuah kuda Trojan atau bom bunuh diri,” ujar O’Gara terkait kendaraan curian tersebut.

Tentara menawarkan hadiah 10.000 USD untuk informasi yang mengarah kepada kendaraan curian yang senilai 344.000 USD.

Seorang juru bicara Komando Investigasi Kriminal Militer menolak untuk berkomentar mengenai investigasi seperti yang dilakukan juru bicara NATO.

Letnan James Williams, seorang juru bicara ISAF, menolak mengatakan apakah prosedur keamanan telah dilanggar dalam pencurian atau ada kemungkinan sistem sensitif jamming telah dikuasai oleh musuh (Mujahidin).

“Tidak pantas bagi saya untuk berkomentar sampai penyelidikan selesai,” ujar Williams. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...