Berita Dunia Islam Terdepan

Demo Aleppo dan Damaskus berujung kekerasan

3

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Aktivis dan lembaga pengawan Suriah mengatakan bahwa pasukan rezim melepaskan tembakan terhadap para demonstran di kota Aleppo dan Damaskus, di mana beberapa orang yang terluka dan ditangkap.

Pasukan keamanan Suriah melepaskan tembakan untuk membubarkan demonstrasi di kota-kota tersebut pada hari Jumat (2/3/2012) saat ribuan orang turun ke jalan-jalan di Suriah.

Di kota utara Aleppo terjadi 12 aksi protes. Para demonstran meneriakkan dukungan untuk Homs dan daerah lainnya yang dikepung oleh pasukan rezim, menurut aktivis setempat Muhammad al Halabi.

“Ratusan orang mengambil bagian dalam beberapa demonstrasi di distrik Halab al-Jadida, sementara ribuan orang menyelenggarakan hal serupa di daerah lain seperti Salah el-Din, Fardoss, dan Marjeh,” katanya kepada AFP.

Ia mengatakan pasukan keamanan menembakkan peluru tajam pada pengunjuk rasa di lingkungan Salah el-Din dan Saif a-Dawlah, di mana beberapa orang terluka dan sejumlah orang lainnya ditangkap.

Lima demonstran ditembak dan terluka ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan untuk membubarkan protes di luar masjid Salam di daerah Barzeh Damaskus, setelah shalat Jumat, Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan.

Aktivis Mohammed al-Shami mengatakan kepada AFP bahwa ribuan demonstran terus bertahan di beberapa wilayah ibukota dan sekitarnya, seperti Mazzeh, Hajar al-Aswad al-Aasali, Douma, Qadam, Qaboon, dan Kfar Sousa.

“Kami tidak akan meninggalkan Homs. Kami tidak akan meninggalkan Daraa,” salah seorang demonstran berteriak dalam sebuah video online. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...