Klaim TFG : Al Shabaab telah menarik diri dari kota-kota kunci di Somalia Selatan

12

BAIDOA (Arrahmah.com) – Sebuah laporan media Somalia yang belum bisa dipastikan kebenarannya mengatakan bahwa Mujahidin Al Shabaab telah mengosongkan basis mereka dari dua kota strategis di Somalia selatan.

Warga di kota Baidoa dan Bardale di wilayah Bay, sekitar 250 Km dari selatan Mogadishu mengatakan ratusan tank Ethiopia yang didukung tentara pemerintah Somalia meluncur ke kawasan itu sejak Selasa (21/2/2012) dan mengklaim bahwa mereka telah berhasil memaksa Al Shabaab keluar dari kota Baidoa dan Bardale pada Rabu (22/2).

Laporan mengatakan situasi kian tegang karena keduanya baik Al Shabaab maupun tentara pemerintah Somalia (TFG) saling mendirikan kamp pelatihan dan merekrut pejuang-pejuang baru.  Al shabaab dikatakan telah meninggalkan basis mereka semalam, tetapi tidak jelas apakah ini bagian dari strategi militer seperti yang mereka lakukan di Mogadishu atau mereka telah meninggalkan seluruh distrik sepenuhnya.

Sebelumnya Al Shabaab telah bersumpah akan mengintensifkan serangan menargetkan TFG dan AMISOM yang memerangi mereka.

Warga setempat mulai meninggalkan rumah mereka untuk menghindari pertempuran sengit antara kedua pihak.  Sejauh ini belum ada komentar resmi yang dikeluarkan Mujahidin Al Shabaab terkait klaim TFG dan Ethiopia ini.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.