Pemimpin Taliban Pakistan ungkapkan kegagalan AS di Afghanistan

6

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pemimpin Taliban Pakistan mengatakan bahwa Amerika Serikat berusaha untuk melakukan pembicaraan dengan Taliban di Afghanistan karena misinya di negara itu telah gagal.

Pemimpin Tehrik-e-Taliban Pakistan, Waliur-Rehman Mehsud, kepada Press TV pada Senin (20/2/2012) menyatakan bahwa Washington telah berupaya untuk memulai pembicaraan damai dengan Taliban Afghanistan atas kegagalan AS di Afghanistan.

Mehsud menambahkan bahwa invasi pimpinan Amerika di Afghanistan pada awalnya ditujukan menghilangkan militan Taliban atau membuat mereka menyerah.

Namun, ia mengatakan, kegagalan pasukan salibis asing untuk melakukannya telah memaksa Washington mengambil posisi negosiasi.

Mehsud menambahkan bahwa AS dan sekutunya mencoba untuk menyembunyikan kekalahan mereka di Afghanistan dengan kedok menganjurkan dialog.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal pada Kamis, Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, mengklaim bahwa perundingan perdamaian telah terjadi antara Amerika Serikat, pemerintah Afghanistan, dan Taliban selama bulan lalu.

Dalam sambutannya di tempat lain, Mehsud menolak laporan bahwa komandan Tehrik-e-Taliban, Hakimullah Mehsud, tewas dalam serangan pembunuhan AS. Dia mengatakan bahwa Hakimullah masih hidup dan dalam kondisi sehat. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.