Berita Dunia Islam Terdepan

AS: Hadi berkomitmen untuk perangi Al Qaeda di Yaman

5

SANA’A (Arrahmah.com) – Calon tunggal presiden Yaman yang akan dipilih dalam minggu ini berkomitmen untuk “menghancurkan” Al-Qaeda, Deputi Penasihat Keamanan Nasional AS, John Brennan, mengatakan pada hari Minggu (19/2/2012) di Sana’a.

Brennan yang bertemu dengan Wakil Presiden Yaman, Abdrabuh Mansur Hadi, di Sana’a, Sabtu (19/2) mengatakan ia “sangat terdorong oleh komentar Hadi tentang Al-Qaeda.

“Dia berkomitmen untuk menghancurkan Al Qaeda dan saya menganggapnya sebagai mitra yang baik dan kuat,” kata Brennan pada wartawan.

Yaman akan mengadakan referendum melalui pemilihan presiden pada Selasa (besok) di mana Presiden Ali Abdullah Saleh secara resmi akan menyerahkan kekuasaan kepada Hadi, kandidat tunggal, di bawah rencana transfer kekuasaan yang oleh Dewan Kerjasama Teluk dan ditandatangani oleh Saleh pada bulan November tahun lalu.

“Ada beberapa orang di Yaman yang telah mengeksploitasi keberadaan Al-Qaeda untuk kepentingan mereka sendiri,” kata Brennan.

“Dalam kunjungan saya sebelumnya saya telah berbicara langsung kepada para pejabat Yaman tentang perlunya untuk berbuat lebih banyak terhadap Al-Qaeda, dan untuk mengeringkan sumber-sumber dukungan mereka.”

Ketika ditanya tentang peran AS dalam memerangi Al-Qaeda di Yaman, Brennan mengatakan: “Kami memberikan saran, bantuan, dan peralatan kepada unit pemerintah Yaman yang berfungsi untuk memerangi terorisme dan Al-Qaeda.”

New York Times melaporkan pada Juni bahwa Amerika Serikat telah meningkatkan serangan di Yaman dengan drone bersenjata dan jet tempur.

Pemerintah Yaman telah berulang kali membantah keterlibatan langsung AS dalam memerangi Al-Qaeda Yaman, dan mengatakan bahwa AS hanya memberikan dukungan logistik.

Penduduk setempat dan para pejabat di provinsi-provinsi selatan dan timur negeri itu bersikeras bahwa AS pesawat secara teratur melakukan serangan di wilayah mereka dengan dalih memerangi Al-Qaeda. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...