Berita Dunia Islam Terdepan

Kenya bersumpah lancarkan serangan udara terhadap Al Shabaab

1

MOGADISHU (Arrahmah.com) – Pasukan Kenya yang memerangi mujahidin Al Shabaab di Somalia selatan pada Sabtu (17/12/2011) bersumpah untuk melakukan serangan udara di wilayah yang dikuasai mujahidin.

Staf informasi dan operasi militer, Kolonel Cyrus Oguna, mengatakan mereka akan menargetkan Afgoye, sebuah kota dekat Mogadishu yang menjadi rumah bagi ribuan para pengungsi, serta pelabuhan Merka dan Barawe di pantai selatan.

“Kami sedang mengembangkan target di daerah Afgoye, Merka, Barawe, dan kami ingin bisa memasuki lebih dalam daerah mereka sendiri,” kata Oguna pada wartawan.

“Kami ingin mengirim pesan kepada mereka yang tinggal di sekitar infrastruktur Al-Shabaab agar menjauh kami menargetkan mereka (Al Shabaa) sebagai tujuan yang sah.”

Sejak meluncurkan operasi ofensif terhadap Al Shabaab dua bulan lalu, pesawat tempur Kenya telah menyerang basis pemberontak terutama di selatan, dan Oguna mengklaim bahwa beberapa mujahid tewas dalam serangan udara sepekan terakhir.

“Serangan udara ini akan terus berlanjut sampai Al-Shabaab benar-benar kalah,” tambahnya.

Pasukan Kenya ditempatkan di tiga lokasi di Somalia selatan, namun kemudian memperluas wilayah jangkauannya pada pertengahan Oktober.

Nairobi setuju untuk memiliki kekuatan yang beroperasi di bawah Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) dengan dalih melindungi pemerintah Somalia yang lemah di ibukota Mogadishu. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...