Berita Dunia Islam Terdepan

Jepang luncurkan satelit mata-mata yang dilengkapi radar

3

TOKYO (Arrahmah.com) – Jepang telah berhasil mengorbitkan satelit mata-mata, yang dilengkapi dengan radar, sebagai tambahan jaringan peralatan intelijen terbaru yang mempermudah operasi pengumpulan informasi intelijen serta informasi penting lainnya dari seluruh dunia.

Menurut Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), peluncuran berlangsung di Tanegashima Space Center di pulau selatan Tanegashima pada pukul 01.21 dini hari waktu setempat, AFP melaporkan pada hari Senin (12/12/2011).

JAXA menyatakan bahwa peluncuran ini sukses dan satelit tersebut berfungsi dengan baik.

Toshiyuki Miura, juru bicara Mitsubishi Heavy Industries, yang memproduksi satelit, juga mengatakan semua hal “sesuai dengan rencana sejauh ini” dan “roket diluncurkan dengan sukses.”

Dia juga mengatakan, “Satelit akan kemudian dipisahkan ke orbit di sekitar bumi.”

Pejabat departemen kedirgantaraan Jepang menolak mengomentari kemampuan pengorbit. Namun, sejumlah media Jepang melaporkan keberadaan satelit tersebut dibuat untuk memudahkan Jepang menanggapi ancaman luar negeri dan bencana dalam negeri jauh dengan menyediakan data tentang perkembangan di lapangan meskipun malam hari atau ketika cuaca tidak terlalu mendukung.

Jepang sejauh ini telah mengoperasikan tiga satelit optik. Dua radar telah berhasil ditempatkan ke orbit tetapi keduanya kemudian meledak. Satelit optik lain diluncurkan pada bulan September tetapi belum berfungsi. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...