Berita Dunia Islam Terdepan

Ditemukan penjara rahasia CIA di Romania

2

ROMANIA (Arrahmah.com) – Ditemukan penjara rahasia CIA di Romania. Investigasi media baru mengungkapkan rincian penjara rahasia itu yang digunakan oleh agen Amerika CIA untuk menginterogasi para tersangka “teroris”.

Sebuah investigasi gabungan oleh Assosiated Press dan televisi publik Jerman diterbitkan pada hari Kamis (8/12/2011), mengatakan yang ditahan di penjara tersebut adalah Khaled Sheikh Mohammed yang mengaku mengatur serangan 9/11.

Mantan pejabat intelijen menggambarkan lokasi penjara itu dan gambar bangunannya, seperti yang dilaporkan Associated Press. Bangunan penjara itu terletak di lingkungan yang ramai hanya beberapa menit dari pusat kota Bucharest dan milik Agen Romania, Orniss, yang menyimpan informasi rahasia dari Eropa dan NATO.

Eksistensi penjara rahasia CIA ini telah lama diberitakan, tetapi lokasinya tidak pernah dipublikasikan. Penjara rahasia CIA adalah bagian dari jaringan yang disebut black sites yang juga dioperasikan dan dikontrol CIA di Thailand, Lithuania dan Polandia.

Penjara di Romania ini dibuka pada musim gugur 2003, setelah CIA memutuskan untuk mengosongkan black site itu di Polandia, menurut mantan pejabat AS yang berbicara dalam kondisi tak diketahui.

(siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...