Berita Dunia Islam Terdepan

Turki akan menjadi tuan rumah rudal NATO

4

TURKI (Arrahmah.com) – Menteri Pertahanan Turki Ismet Yilmaz mengatakan, sebuah Sistem Radar NATO akan dibangun di Turki Timur, ia mengklaim itu hanyalah sistem radar untuk tujuan pertahanan. “Ini akan menjadi tujuan untuk penyerangan jika anda menginstal rudal. Apa yang akan kita sebarkan di Turki adalah sistem radar”, katanya kepada wartawan di Provinsi Eskisehir Rabu (7/12/2011). “Ini adalah sebuah sistem pertahanan dan bukan untuk menyerang negara manapun”, kata Yilmaz kepada media Turki. Ankara telah mengumumkan pada bulan september lalu bahwa ia telah disetujui untuk menyebarkan sistem radar X-Brand, yang dikembangan oleh Amerika Serikat untuk NATO dan wilayahnya.

Sebuah instalasi militer di Kurecik telah dipilih sebagai tempat radar, yang berlokasi 700 km dari perbatasan Iran.

Sementara itu ribuan warga Turki melakukan demontrasi untuk menolak rencana penyebaran pangkalan radar NATO di Kurecik. Pemimpin parta Suara Rakyat, Numan Kurtulmus mengatakan dalam wawancaranya dengan Press TV, bahwa pemerintah Turki telah melakukan kesalahan dengan menerima tawaran menjadi tuan rumah sistem rudal.

Pemerintah Iran mengkritik kesepakatan Turki dan mendesak Ankara untuk mempertimbangkan kembali keputusannya. Rusia mengatakan sistem itu tidak memberikan keamanan bagi sekutu Eropa Washington, tetapi secara efektif ditujukan untuk Rusia.

Moskow juga telah mengancam untuk mengerahkan rudal ke target sistem pertahanan rudal di Eropa jika Washington gagal untuk meredakan kekhawatiran Kremlin tentang rencananya.  (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...