Berita Dunia Islam Terdepan

Harakah al-Shabaab Mujahidin Somalia umumkan pergantian nama baru menjadi Imarah Islam Somalia (IIS)

3

SOMALIA (Arrahmah.com) – Kelompok pejuang Islam Somalia, Harakah Al-Shabaab Mujahidin sepakat untuk mengganti nama mereka menjadi Imarah Islam Somalia (Pemerintah Islam Somalia), setelah pertemuan empat hari di Baidoa, di wilayah Bay dan Bakool Somalia Tengah, menurut para pejabat senior Al-Shabaab.

Sejumlah tokoh senior dari pemimpin pejuang Islam yang hadir dalan pertemuan tersebut  termasuk diantaranya Syaikh Ali Dhere, Syaikh Mukhtar Robow, Syaikh Fu’ad Shangole dan Syaikh Hassan Dhahir Aweys. Syaikh Ahmed Godane, satu-satunya pemimpin senior pejuang Islam Al-Shabaab yang tidak hadir dalam pertemuan tersebut mengirimkan sebuah pesan dimana ia dilaporkan tidak setuju dengan perubahan nama tersebut.

Setelah berakhirnya pertemuan selama empat hari itu, kelompok pejuang Islam Al-Shabaab Mujahidin mengeluarkan sebuah pernyataan dimana mereka mengatakan, mereka berencana tidak hanya mengganti nama kelompok tersebut, tapi juga taktik-taktik perjuangan dan menyerukan kepada para peduduk Somalia untuk berjihad melawan pemerintah transisi Federal dan para sekutunya.

“Pemerintah Transisi Federal bukan pemerintah yang tepat untuk kaum Muslim. Pemerintahan itu berasal dari musuh kita dan musuh Allah, negara Barat. Kami akan melanjutkan perang melawan pasukan TFG dan asing di negara kita ini,” kata para pemimpin Al-Shabaab dalam sebuah pernyataan.

Syaikh  Mukhtar Rabow, salah seorang juru bicara Al-Shabaab Mujahidin menjelaskan alasan dari perubahan nama tersebut kepada media lokal setelah pertemuan.

“Al-Shabaab dalam bahasa Arab berarti “Pemuda”, tapi banyak dari kita, termasuk para pemimpinnya, seperti Syaikh Hassan Dhahir sudah sangat tua, maka kita ingin menganti nama itu menjadi Imarah Islamiah, kata Robow.

Belum diketahui secara pasti kapan Harakah Al-shabaab akan merealisasikan perubahan tersebut.

Poin-point lain yang disimpulkan dalam pertemuan tersebut yang diambil dari pernyataan para pemimpin Al-Shabaab antara lain:

  1. Mengganti nama dari Harakat al-Shabaab al-Mujahidin menjadi Imarah Islam Somalia.
     
  2. Menetapan Dewan Syura independen bagi Imarah Islam Somalia
     
  3. Mendukung pemerintahan terbaru Al-Shabaab (Imarah Islam Somalia) untuk melawan pasukan kafir Kenya, Ethiopia, AMISOM dan TFG
     
  4. Melarang peredaran narkoba seperti khat, rokok, alkohol atau segala macam bentuk lain dari narkoba di wilayah yang dikuasai oleh para pejuang Islam di Somalia.
     
  5. Menyerukan kepada setiap Muslim, wajib bagi mereka memerangi pemerintahan Sheikh Sharif Ahmed saat ini karena ia telah keluar dari Islam dengan meminta bantuan kepada negara-negara Kristen untuk melawan pemerintah Islam atau pemerintahan Al-shabaab.

Subhanallah, Allahu akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!

 

(saif al battar/Al-Malhamah Al-Kubra /arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...