Berita Dunia Islam Terdepan

Pria bersenjata tembaki turis di Istanbul

3

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Allahu Akbar! Setelah bertakbir, seorang pria bersenjata menembaki turis di Topkapi Palace, di jantung kota Istanbul, Turki, Rabu (30/11/2011). Polisi kemudian menembak pria bersenjata tersebut hingga menewaskannya. Apa motif penembakan tersebut ?Penembakan turis di kota wisata

Istanbul, jantung kota Turki setiap harinya dikunjungi ribuan turis. Maklum, kota tua ini sarat dengan pelbagai peninggalam kebudayaan besar, termasuk kekhilafahan Islam yang terakhir, Utsmani, sebelum akhirnya menjadi negara sekuler.

Salah satu wilayah wisata yang kerap dikunjungi adalah Topkapi Palace, sebuah museum yang dahulu adalah sebuah masjid di pinggiran Sungai Bosphorous, yang hari ini, Rabu (30/11/2011) terjadi penembakan.

Seorang pria bersenjata tiba-tiba, setelah bertakbir, Allahu Akbar, melepaskan tembakan di kerumunan turis. Pria tersebut masuk ke Topkapi Palace yang terletak di pinggiran Sungai Bosphorous dan langsung melepas tembakan ke berbagai arah.

Akibat serangan tersebut, dikabarkan dua orang terluka. Huseyin Capkin, Kepala Kepolisian Istanbul, menuturkan kepada NTV :  

“Dengan senjatanya dia mulai menembak ke segala arah.”

Seketika itu juga, para polisi dengan cepat dikerahkan ke lokasi. Aksi tembak-menembak pun terjadi. Namun akhirnya pria tersebut tewas diterjang peluru polisi.

“Operasi tersebut melumpuhkan penyerang,” tandas Capkin. Hingga saat ini, belum diketahui identitas lengkap pria tersebut dan apa motif di balik serangannya kepada para turis di Istanbul. Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Turki, Idris Naim Sahin mengatakan, pria itu berkebangsaan Libya.

(M Fachry/dbs/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...